Jumat, 30 November 2012

Cara Memilih Make Up Yang Baik

Berikut adalah panduan memilih foundation yang tepat

Memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit wajah merupakan problem yang paling sering ditemui oleh banyak wanita. Foundation yang warnanya terlalu terang akan membuat hasil riasan tampak seperti topeng sedangkan foundation yang warnanya terlalu gelap akan membuat hasil riasan terlihat kusam dan dekil.

Jangan mengenakan produk make-up apa pun pada saat akan membeli foundation agar warna kulitmu yang sebenarnya bisa terlihat jelas dan foundation yang kamu beli benar-benar bisa disesuaikan dengan warna kulitmu. 

Warna foundation yang cocok untuk kulitmu adalah yang warnanya membaur dengan baik pada kulit atau mendekati warna kulitmu. Foundation yang ada di pasaran biasanya memiliki warna cenderung pink atau kekuningan. 

Kulit wajah pun terbagi ke dalam dua kategori, yaitu cool dan warm undertone. Kulit putih dan yang cenderung berwarna pink merupakan kategori cool undertone sedangkan kulit yang berwarna gelap, tanned, kekuningan dan berwarna olive termasuk ke dalam kategori warm undertone. Pada saat berada di counter kosmetik, pilih tiga warna foundation secara bersamaan, yaitu yang sewarna dengan warna kulit, lebih terang dan lebih gelap dari warna kulit. 

Aplikasikan foundation yang kamu coba langsung pada kulit wajah dan lehermu. Jangan pernah mencobanya di punggung tangan karena warna punggung tanganmu berbeda dengan warna kulit wajahmu. 

Kemudian berdirilah di dekat jendela kaca dan lihat, warna foundation mana yang paling membaur dan mendekati warna kulit aslimu. Terkadang lampu-lampu yang ada di counter kosmetik menyamarkan warna asli dari warna foundation sehingga kamu harus melihatnya dari jendela kaca. Jika kamu belum menemukan warna foundation yang tepat, kamu bisa membeli dua warna foundation yang berbeda, yaitu satu tingkat lebih terang dan satu tingkat lebih gelap dari warna kulit. 

Campur kedua warna ini pada saat kamu mulai bermake- up hingga kamu mendapatkan warna yang sesuai dengan warna kulitmu.

FOUNDATION SESUAI JENIS KULIT 

Foundation juga harus disesuaikan dengan jenis kulit wajahmu. Normal, kering, berminyak atau kombinasi. Pemilihan foundation yang tidak tepat akan menyebabkan kulit menjadi iritasi bahkan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, komedo atau kulit bersisik. Berikut adalah jenis-jenis foundation yang bisa disesuaikan dengan jenis kulitmu :

a. Liquid Foundation
Foundation berbentuk cair yang cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Formulanya yang ringan dapat langsung menyerap dan membaur dengan baik pada kulit. Foundation memiliki medium-full coverage sehingga dapat menutupi noda dengan baik. Aplikasikan foundation tipis-tipis pada titik-titik tertentu pada wajah seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu kemudian ratakan dengan sponge atau kuas khusus foundation untuk hasil yang lebih rata dan natural. 

b. Crème Foundation
Foundation berbentuk krim yang cocok untuk kulit kering. Formulanya yang melembabkan dapat menghasilkan tampilan kulit yang sehat. Aplikasikan dengan menggunakan sponge khusus foundation yang sedikit dibasahi dengan air untuk menghindari efek cakey. Foundation jenis ini memiliki full coverage yang dapat menutupi noda pada wajah dengan sempurna. Formulanya cukup berat untuk kulit, sehingga proses membersihkannya pun membutuhkan usaha ektra.

c.Stick Foundation
Foundation berbentuk stick ini cocok untuk kulit normal, berminyak dan kombinasi. Pemakaiannya pun sangat praktis. Oleskan foundation stick tipis-tipis pada wajah, kemudian ratakan dengan sponge khusus foundation. Stick foundation memiliki medium-full coverage dan dapat digunakan sebagai concealer karena dapat menutup noda dengan baik.

d.Mineral foundation
Foundation berbentuk bubuk yang mengandung partikel mineral yang menyehatkan kulit. Formulanya sangat ringan. Cocok digunakan untuk kulit berminyak dan dapat memberikan efek sehat dan berkilau pada wajah. Aplikasikan dengan menggunakan kabuki brush agar lebih halus dan rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar