Jumat, 30 November 2012
Front Office
Front office departement merupakan suatu bagian paling depan dari suatu hotel yang
berfungsi sebagai penjual kamar dan sering disebut selling room. Dalam tugas penjualan, front
office harus dibantu oleh bagian tata graha. Dalam hubungan kerja bagian tata graha bertindak
sebagai pengemasan kamar (Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bandung. 1982 : 5)
Front office adalah cermin dari kualitas hotel yang akan pertama kali dinilai tamu saat
memasuki suatu hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta kemampuan semua
karyawan di front office department dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung jawabnya
sangatlah menentukan dalam memberikan kesan baik maupun kurang baik atau buruk pada para
tamu hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang lainnya
saat mereka datang untuk menginap maupun sekedar berkunjung di suatu hotel. Dorongan
motivasi berupa slogan bagi karyawan kantor depan yang sangat dikenal adalah sebagai berikut:
“ WE DO NOT HAVE A SECOND CHANCE TO GIVE GOOD IMPRESSION TO
OUR GUESTS ” (Kita tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan impresi
yang baik kepada para tamu kita).
Kantor depan hotel(front office) secara operasional berhubungan dengan tamu dan arda
kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu
bagian ini disebut dengan bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian
dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel.
Menurut Richard Sihite (2000) tujuan dari front office hotel adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
2. Meningkatkan jumlah tamu langganan
3. Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
4. Membentuk citra hotel yang positif front office memiliki fungsi dalam mewujudkan
tujuan dari hotel
5. Fungsi tersebut dilakukan oleh petugas front office sehari-hari, adapun fungsi-fungsi
tersebut adalah:
a. Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar,
melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar
b. Memberikan informasi tentang hotel
c. Mengkoordinasikan kepada bagian lain untuk memenuhi keinginan tamu
d. Melaporkan status kamar yang terkini
e. Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
f. Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel
g. Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
h. Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
i. Menyelesaikan keluhan tam
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar